Referensi Membangun Keluarga Sehat dan Cerdas Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Apakah dogie anda merespon ketika namanya dipanggil?

  "Gembuul...!", tidak terlalu keras tapi lumayan panjang dan terdengar sampai halaman belakang. Beberapa detik kemudian terlihat kehebohan yang luar biasa dari seekor makhluk pendek dan gendut, dengan muka serius dan penasaran berlari sekencang-kencangnya menuju halaman depan. Ekornya yang tidak seberapa panjang lebih sibuk dari apapun di halaman depan.

  "Ya!, anda benar! gembul adalah seekor dogie dan saya adalah majikannya. Atau mungkin lebih tepatnya teman saya. Setidaknya yang saya lihat dia lebih menganggap saya sebagai teman dia daripada yang lain.

  Dulu saya bertanya-tanya, "apa gembul bisa mengingat dan mengenali ketika seseorang mengucapkan namanya?".
  Sudah ratusan kali saya coba memanggil dia dengan nama lain, dengan intonasi atau nada yang berbeda. Dan saya sempat terkejut karena hanya dengan kata "gembul" dia mau merespon dengan mengarahkan pandangannya ke saya.
  Apakah anda punya teman seperti dia juga? Apakah dogie anda merespon ketika namanya dipanggil? Atau sebaliknya? Merespon nama adalah salah satu hal utama yang sangat mendasar dalam melatih hewan peliharaan secerdas dogie. Yuk! belajar melatih mereka! Hitung-hitung sambil menyegarkan pikiran kita yang penat dengan rutinitas pekerjaan.