Referensi Membangun Keluarga Sehat dan Cerdas Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Listrik Rumah Sering "jeglek"(Sekering Otomatis Putus)

Berapakah besar daya listrik rumah anda? 900 Watt, 1300 watt atau lebih? atau masih ada yang 450 watt? Daya llistrik rumah bukanlah besar listrik. Angka-angka tersebut adalah merujuk pada kekuatan sekering yang terdapat pada meteran listrik. Sekering adalah alat yang bekerja untuk membatasi beban listrik yang digunakan pada sebuah rumah. Sekering bekerja memanfaatkan panas yang ditimbulkan listrik saat beban meningkat. Semakin tinggi beban listrik yang kita gunakan( banyak alat listrik yang menyala) maka semakin tinggi panas yang dihasilkan. Nah, makin tinggi angka "daya" listrik rumah maka semakin kuat daya tahan sekering terhadap panas.


Panas membuat logam pada sekering memuai. Perubahan bentuk logam inilah yang secara teknis dimanfaatkan sebagai pemutus listrik yang mengaliri rumah pada tingkat panas tertentu. Singkatnya sekering membatasi pemakaian alat-alat listrik di rumah. Namun seringkali pada kondisi tertentu kekuatan sekering tidak seuai dengan angka yang kita terima. Tiba-tiba putus, padahal kalau dihitung-hitung pemakaian alat listrik rumah saat bersamaan masih dibawah angka daya listrik rumah.
Jika anda sedang memesan layanan sambung baru dan instalasi jaringan listrik rumah yang baru, beberapa hal ini bisa anda catat agar kasus di atas tidak terjadi.

-Minta petugas atau tukang instalasi listriknya untuk menanam "arde" di bagian rumah yang cenderung lembab. Kasus yang paling parah mereka tidak menanam arde sama sekali. Arde adalah logam kuningan berbebtuk seperti jarum dengan diameter kurang lebih 3-5cm dan panjang sekitar 1 meter. Kalo mereka sudah menanamnya, pastikan tersambung dengan jaringan kabel arde di seluruh rumah.

-Jaringan kabel arde harus dipastikan tersambung di seluruh rumah. mudahnya pastikan ada 3 kabel berjajar yang menuju "colokan", lampu dan sakelar.
Jika anda menempati rumah yang jaringan listriknya sudah terpasang dan mendapati kasus seperti di atas. Mintalah jasa tukang untuk cek dan memastikan kuningan ardenya sudah tertanam dan tersambung dengan seluruh kabel arde di seluruh rumah. Jika belum ada jaringan kabel arde yang terpasang(hanya ada 2 jalur kabel yang terpasang ke seluruh jaringan listrik rumah, anda harus mengeluarkan dana untuk pengadaan satu jalur kabel arde yang belum ada yang panjangnya mencakup seluruh jaringan listrik rumah. Tapi ada tips hemat untuk mensiasatinya.
Pertama, buatlah daftar alat-alat dengan konsumsi listrik besar. Misal AC ruangan, lemari es, rice cooker dll. Tandai alat-alat tersebut menggunakan titik "colokan" yang mana saja. Nah, pasang satu jalur kabel arde yang kurang hanya di titik-titik tersebut saja.
Ketika sebuah alat listrik anda nyalakan apalagi dayanya atau konsumsi listriknya besar, terjadi loncatan beban yang membuat jaringan listrik di rumah anda tidak stabil. Sekering pembatas daya di depan akan sering mudah putus meresponnya sebagai overload daya. Hal ini mampu diredam dengan mendampingi dua jalur kabel listrik aktif dengan sebuah kabel yang terhubung dengan kuningan arde yang tertanam di tanah.
Semoga bermanfaat.