Referensi Membangun Keluarga Sehat dan Cerdas Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Aktifitas Musikal Untuk Buah Hati

Halo ayah bunda! Sangat membanggakan rasanya saat buah hati mengucapkan kata pertamanya, saat satu dua langkah pertamanya ketika baru bisa berjalan, saat mampu merespon dan menjawab pertanyaan sederhana yang kita berikan.
Selain asupan gizi yang cukup, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan sebagai stimulan agar buah hati tumbuh optimal. Salah satunya adalah aktifitas musikal.
Dalam musik kita selalu menemukan ketukan dan nada. Sering kita menepuk tangan kita untuk menarik perhatian sambil mengajak buah hati bicara atau bernyanyi. Menimang sambil menyanyikan/membunyikan suara-suara tertentu dengan mulut kita. Memutar musik box dan lain sebagainya. Banyak produsen mainan yang mengkreasikan aneka bentuk dan warna dengan inti permainan yang menghasilkan bunyi-bunyian. Juga ada orang tua yang secara spesifik memutar/memperdengarkan musik-musik tertentu bahkan sejak masih dalam kandungan.



Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana aktifitas musikal bisa berpengaruh pada pertumbuhan buah hati kita?
Banyak penelitian yang mempelajari bagaimana otak manusia berkembang. Dalam pertumbuhannya buah hati kita menggunakan indra/sensor untuk menangkap semua informasi di sekeliling mereka. Semua hal yang terjadi di sekeliling mereka akan diteruskan ke jaringan otak yang belum sempurna/sedang berkembang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa informasi/pengalaman tertentu dapat merangsang/menstimulan bagian-bagian otak tertentu agar tumbuh optimal. Dalam tahap ini, para orang tua memiliki peranan penting dalam mengatur pengalaman/informasi apa saja yang akan menjadi keseharian buah hati kita.
Aktifitas musikal melibatkan indra pendengar. Diyakini dapat menigkatkan kecerdasan emosional, bicara, keseimbangan, penglihatan, pendengaran, keterampilan, empati dan kepedulian dengan hal-hal di sekitar.