Referensi Membangun Keluarga Sehat dan Cerdas Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Kupas Tuntas Tehnik Membuat Cake


"Dasar-dasar dan apa saja jenis cake. Mengembangkan tehnik dan resep cake anda sendiri. Fakta dan mitos dalam pembuatan cake. FAQ tentang cake."

Cake! Kue, roti, jajan? Bolu?
Pernahkah anda mendengar seseorang menyebutkan "roti bolu, roti kering, kue ulang tahun, bolu gulung" dan masih banyak lagi orang dengan pendapat dan kebiasaan sendiri-sendiri. Cake sendiri sebenarnya berasal dari kelompok makanan penutup karena manis dan membuat mulut nyaman setelah menyantap menu berat. Ciri khas makanan penutup lainnya yang identik dengan cake adalah kelembutan teksturnya. Lembut dan rapuh membuat orang barat menciptakan istilah "a piece of cake" yang berarti "mudah sekali, gampang, kecil". Dalam perkembanganya kelembutan cake bagi sebagian orang disimbolkan sebagai unsur feminim hingga orang berlomba membuat cake yang paling cantik.,


Tidak ada yang sakleg dalam resep cake
"Tepung 237gr, gula 56gr..." seperti itulah kira-kira resep yang banyak anda baca di berbagai media. Atau air 1/3bagian telur 1kuning(yolk) dan 3utuh". Dengan keakuratan alat pengukur atau timbangan digital yang sekarang dangat mudah di dapat dan terjangkau,angka-angka tersebut sudah tidak jadi persoalan. Cake pada dasaarnya dibuat berdasarkan pencampuran atau mixing yang sempurna. Imajinasi rasa apa yang ingin anda wujudkan dalam bentuk cake. Bahan apa saja yang ingin anda tambahkan agar unik dan enak. Anda bebas berkreasi, hanya saja setiap bahan mempunyai karakter fisik dan kimia tertentu yang harus disesuaikan  agar tercampur sempurna. penyesuaian-penyesuaian ini sangat relatif. Jika anda terlalu sakleg dengan resep anda dapat mematikan kreatifitas dan imaji anda sendiri.




Mengemulsi

Secara sederhana mengemulsi adalah tercampur dengan sempurna. Jika bahan pembuat cake tercampur rata dan sempurna, udara mudah terperangkap dalam pori-pori adonan. Ada ikatan kuat antar molekul adonan, meskipun faktor penambahan bahan dengan emulsifier alami atau artifisial juga tak kalah penting.

Jenis cake berdasar bahan yang digunakan.
Butter cake : Butter sendiri adalah golongan fat atau lemak yang diolah dari susu sapi segar. Aroma wanginya khas susu, sangat umami yang merupakan ciri khas lemak. Mulai meleleh hanya pada suhu ruang tropis atau lebih. Ketersediaannya sangat melimpah di negara dengan mega industri ternak sapi perah. Di Indonesia sendiri lebih sering kita jumpai margarin daaripada butter. Margarin  adalah produk turunan dari minyak sawit di mana kita merupakan salah satu penghasil sawit  terbesar di dunia. Biaya produksi yang murah serta ketersediaan yang melimpah membuat margarin jauh lebih terjangkau dan murah harganya dibandingkan dengan butter. Karena nilai yang tinggi dan  margarin dengan tambahan aroma butterButter bisa digantikan dengan margarin
Jenis cake berdasar cara membuat.

Mixing, mengocok, mengaduk.

Baking powder, baking soda atau ceam of tartar .

Emulsifier
Kuning telur mengandung emulsifier alami. Mungkin anda sudah familier dengan berbagai merk emulsifier. Di uni eropa hari ini sudah diberlakukan larangan penggunaan emulsifier artifisial atau buatan. Laporan statistik di sana menunjukan bahwa kasus kanker yang dipicu oleh bahan tersebut sangat tinggi melebihi ambang batas yang sudah ditentukan oleh lembaga yang berwenang di sana. Tapi jangan khawatir, memang kebijakan tiap wilayah dan negara berbeda-beda. Bisa saja ambang batas tersebut sudah jauh di atas angka yang sekarang kita konsumsi. Jadi memang keadaan di sana benar-benar lebih darurat daripada di sini. Pilih telur yang ketika dipecah dan dijatuhkan ke bak adonan kuningnya meluncur lincah. Tidak drop atau langsung pecah tak berbentuk di dalam bak.
Padatan dan cairan

Dioven, panggang atau goreng

Jenis cake berdasar penyajian dan finishingnya

Ciptakan cake anda sendiri

semoga bermanfaat