Referensi Membangun Keluarga Sehat dan Cerdas Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Saus-Saus Yang Wajib Ada Di Rumah

Ketika bunda berbelanja di supermarket, di deretan rak-rak saus dan bumbu-bumbu ada banyak sekali macam saus yang ditawarkan. Mulai kecap manis, kecap asin, saus tomat, saus sambal dari yang ala bangkok hingga yang dibilang super pedas, bahkan sekarang banyak macam saus baru yang ditawarkan. Sebut saja saus barbecue, saus spaghetti siap pakai, aneka mayonaise dan saus thousand island, kikkoman,sambal kecap, kecap ikan, saus tiram, saus teriyaki. Fiuuuhh, kalau bisa sih, semua yang ada di rak supermarket kita bawa ke rumah, iya kan bun?

Nah, berikut ini rekomendasi saus-saus yang sebaiknya disediakan di rumah:

1. Kecap ikan dan kecap manis
Kecap ikan terbuat dari hasil fermentasi ikan laut. Rasanya mirip kecap asin, tapi dengan aroma yang lebih tajam. Daripada menggunakan kecap asin biasanya, lebih baik memilih kecap ikan. Selain lebih gurih dan lebih sedap aromanya, juga kandungan proteinnya yang lebih baik.

Sebagai orang Indonesia, kecap manis adalah hal yang wajib. Karena banyak masakan Indonesia yang harus menggunakan kecap manis, seperti semur, kering tempe, nasi goreng, dan lain-lain.

Saran: karena pemakaian kecap ikan dalam masakan tidak terlalu banyak, bunda cukup membeli kecap ikan dalam botol berukuran kecil atau sedang, kira-kira 140ml hingga 250ml. Karena biasanya di supermarket ada banyak pilihan ukuran saus yang bisa dibeli, mulai yang 100 ml hingga 5 liter.

Sedangkan untuk kecap manis, sebaiknya beli dalam kemasan refill (karena lebih ekonomis), lalu tuang ke wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas.

2. Saus tomat, no tomato puree/tomatoo paste

3. Minyak wijen