Referensi Membangun Keluarga Sehat dan Cerdas Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Mereka Hanya Anak-Anak…

Aktivitas kantor dari jam 7 pagi hingga 3 sore, hingga tanggungjawab mengurus rumah tangga, bersih-bersih rumah, nyuci baju, priring kotor, memasak, belanja, mengurus tagihan, memandikan anak, melelahkan sekali ya, bunda? Pekerjaan dan tanggungjawab bunda seperti tak ada habisnya. Bukan Cuma menguras tenaga, tetapi mental dan pikiran juga. Syukur-syukur kalau para suami mau ikut terlibat mengurus rumah tangga, kalau enggak?! Ckckckckc… kalau bunda baru memiliki satu putra atau putrid mungkin belum berasa kerepotannya, tapi kalau si kakak udah punya dedek…dan dedek lagi,,, wuihhh makan aja mungkin kayak gak sempat bunda.




Terkadang, di tengah kesibukan bunda, si kakak berulah,,atau dedek menangis,,gak bisa diajak kompromi… rasanya tensi udah naik ke ubun-ubun. STOP. Tahan diri. Jangan membentak atau melampiaskan kelelahan pada buah hati. Mereka hanya anak-anak. Belum memahami tanggungjawab ataupun kerepotan orang dewasa. Terkadang juga kesal sekali kalau anak susah dikasih tau dan bertingkah. Pingin nyubit rasanya, bunda pernah merasa demikian? Sekali lagi, STOP, cubit diri sendiri aja, supaya bunda ingat mereka hanya anak-anak…

Ingat bunda, kekerasan dalam bentuk apapun, teriakan, pukulan atau ancaman verbal dan visual, tidak akan membantu membentuk buah hati kita menjadi pribadi-pribadi yang baik. Yang ada hanyalah menimbulkan ketakutan-ketakutan tanpa nalar.

Ada baiknya bunda meluangkan waktu untuk memperhatikan perkembangan buah hati, terutama buah hati yang sudah masuk dalam lingkungan pergaulan baru, missal playgroup, PAUD, ataupun sekolah. Biasakan rutinitas mengobrol dengan buah hati, untuk menggali hal-hal apa saja yang terjadi dan dipelajari buah hati ketika di luar rumah. Bunda harus waspada pada bullying terhadap anak yang bisa terjadi kapanpun dan di manapun.


Mereka hanya anak-anak… Dunia mereka adalah ayah dan bunda.



They need to feel safe, to be loved… Sometime, they will fell down, but they’ll stand up again… they need to learn, to be trusted… they’ll need your shoulder to cry on, they’ll need to be encouraged… they’ll need you to be there for them…