Fungsi Kaca Spion

Dahulu pada awal kendaraan bermesin dibuat, tidak terbesit di pikiran para insinyur untuk memasang cermin pada kendaraan yang didesainnya. Namun ketika alat transportasi ini mulai memenuhi jalanan, timbul masalah baru bernama "traffic" atau "lalu-lintas. Ketika berkendara, seorang pengemudi menghabiskan hampir seluruh konsentrasinya pada situasi di depan. Sedangkan situasi lalu-lintas memerlukan perhatian pada sekeliling dimensi kendaraan termasuk situasi di belakan pandang pengemudi.
Diciptakannya mesin untuk mentenagai sebuah kendaraan menghasilkan keuntungan berupa kecepatan yang fanastis menurut pengalaman kita selama ribuan tahun menggunakan tenaga hewan. Namun dalam waktu bersamaan, kecepatan juga menimbulkan sebuah masalah baru.
Semakin tinggi kecepatan kita berkendara, maka semakin tipis waktu yang tersedia untuk melakukan berbagai tindakan kontrol dan menguasai kemudi. Pada titik tertentu menjadi terlalu tipis untuk hanya menoleh ke belakang dan memahami situasinya kemudian mengambil keputusan. Pada situasi berkendara di kecepatan tinggi, seorang pengemudi hanya mampu menguasai sudut orientasi depan terbatas. Nah, dalam batas aman inilah biasanya fitur kaca spion ditempatkan. Tujuannya untuk menambah dimensi pandang pengemudi seluas-luasnya tanpa keluar dari sudut aman pandang depan.
Namun fitur kendaraan wajib ini sering disepelekan. Terutama pada kendaraan roda dua. Dengan beragam alasan banyak pengguna kendaraan R2 memodifikasi atau bahkan meniadakan sama sekali fitur keamanan ini. Bahkan pada kendaraan-kendaraan keluaran terbaru fitur spion pada sudut-sudut yang sulit digantikan oleh kamera canggih yang monitornya diletakkan pada panel muka pengemudi.Selain untuk keamanan, fitur kaca spion juga sangat berguna memperluas dimensi pandang pengemudi saat parkir di tempat yang sempit.

Kapan anda harus melirik kaca spion?

Ketika anda memutuskan untuk berbelok ke kiri. Perhatikan bagian belakan kendaraan anda, adakah kendaraan lain di sekitarnya. Jika ada kendaraan di belakang, beri tahu pengendaranya niat anda dengan menyalakan lampu sein kiri. Biarkan pengendara tersebut mendahului anda jika posisi dia sudah di samping kiri atau dia tidak memperhatikan lampu sein yang baru anda nyalakan. Agar aman utamakan samping kiri benar-benar kosong dari kendaraan lain.

Ketika akan menyalip kendaraan di depan
BERSAMBUNG

Ide Bisnis Keluarga


Banyak ide bisnis untuk mendapatkan tambahan pemasukan keuangan keluarga. Salah satunya bisnis kuliner. Meskipun bukan makanan pokok/berat, jajanan sangat diminati semua orang.
Sebenernya jajanan apa saja sih yang disukai dan diburu orang?

1. Gorengan. Apalagi yang baru mateng, mak nyus deh. Udah harganya murah rasanya enak (hell yeah, smua hal yang mengandung kolesterol pasti enak). Beli lima ribu dapet sekresek, kenyang deh. Tapi, sekarang ini banyak orang udah sadar kesehatan, jadi mereka2 ini pd mengurangi konsumsi sgala hal yg digoreng. Tapi, buat mereka yg berkantong pas2an, yg namanya jajanan gorengan ini tetap menjadi salah satu alternatif yang menggiurkan, peduli amat ama kesehatan, yg penting kenyang.

2. Roti bakar, martabak manis dan martabak telor. Ketiga jajanan ini aku jadikan satu karena setipe dan harganya relatif saama, Mahal. Aku yakin banget penggemar jajanan yang satu ini buanyak banget. Tapi tentu saja, buat sebagian besar orang, gak bisa sering2 beli jajanan ini karena harganya yg lumayan mahal. Coba kalo pendapatan per kapita orang madiun 10juta per bulan, bakalan tiap hari orang beli jajanan ini. Klo dipikir2, sebenernya harganya sebanding dgn kualitas dan kuantitas. Seporsi bisa dinikmati beberapa orang, dan lagi2, ketiga jenis jajanan ini mengandung high kolesterol, jadi dijamin rasanya enak.kepikiran juga klo dijual porsi perorangan, aku kira bakalan lebih terjangkau. Seru juga ya, klo sore2 jual minuman panas ama jual roti bakar mini, martabak manis mini dan martabak telor mini. Yummy!!!

3. Jajanan pengganti nasi. Menurutku yang termasuk kategori ini adalah bakso, mie ayam, siomay, gado-gado, roti, donat. Dua hal terakhir ini merupakan versi modern jajanan pengganti nasi.

4. Pentol bakar, tempura, pentol curah. Gak tau nih, jajanan yg satu ini gak ada matinya. Murah meriah sih. Pasar menengah ke bawah memang masih terbentang luas. Klo yang punya duit sih mending beli bakso beneran. Maksudnya yang seporsi harga 5rb gitu.. kataku sih pentol bakar dan pentol curah ini adalah substitusi dari yang namanya sate, bakso, pempek, krn notabene harganya mahal.

Sifat Bawaan dan Karakter Anak

Apakah anda merasa putra-putri kesayangan anda nakal? Pelit? Pemalas? Pemarah & suka bertengkar? Gampang menangis? Harus selalu dituruti kemauannya?
Dan anda bingung, “kenapa ya anakku kok pemarah banget? Padahal kita orangtuanya gak gitu-gitu banget…”
Ups, jangan keburu-buru menyalahkan atau bahkan memarahi putra-putri kesayangan anda.

Seorang anak ketika lahir ke dunia ini, membawa sifat-sifat bawaan orangtua di dalam gen-nya. Namun, yang membentuk sifat-sifat bawaan itu menjadi sebuah karakter adalah lingkungan dimana si anak itu tumbuh. 

Saus-Saus Yang Kudu Ada Di Rumah

Ketika bunda berbelanja di supermarket, di deretan rak-rak saus dan bumbu-bumbu ada banyak sekali macam saus yang ditawarkan. Mulai kecap manis, kecap asin, saus tomat, saus sambal dari yang ala bangkok hingga yang dibilang super pedas, bahkan sekarang banyak macam saus baru yang ditawarkan. Sebut saja saus barbecue, saus spaghetti siap pakai, aneka mayonaise dan saus thousand island, kikkoman,sambal kecap, kecap ikan, saus tiram, saus teriyaki. Fiuuuhh, kalau bisa sih, semua yang ada di rak supermarket kita bawa ke rumah, iya kan bun?

Nah, berikut ini rekomendasi saus-saus yang sebaiknya bunda sediakan di rumah:

1. Kecap ikan dan kecap manis
Kecap ikan terbuat dari hasil fermentasi ikan laut. Rasanya mirip kecap asin, tapi dengan aroma yang lebih tajam. Daripada menggunakan kecap asin biasanya, lebih baik memilih kecap ikan. Selain lebih gurih dan lebih sedap aromanya, juga kandungan proteinnya yang lebih baik.

Sebagai orang Indonesia, kecap manis adalah hal yang wajib. Karena banyak masakan Indonesia yang harus menggunakan kecap manis, seperti semur, kering tempe, nasi goreng, dll.

Saran: karena pemakaian kecap ikan dalam masakan tidak terlalu banyak, bunda cukup membeli kecap ikan dalam botol berukuran kecil atau sedang, kira-kira 140ml hingga 250ml. Karena biasanya di supermarket ada banyak pilihan ukuran saus yang bisa dibeli, mulai yang 100 ml hingga 5 liter.

Sedangkan untuk kecap manis, sebaiknya beli dalam kemasan refill (karena lebih ekonomis), lalu tuang ke wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas.

2. Saus tomat, no tomato puree/tomatoo paste

3. Minyak wijen

Mereka Hanya Anak-Anak…

Aktivitas kantor dari jam 7 pagi hingga 3 sore, hingga tanggungjawab mengurus rumah tangga, bersih-bersih rumah, nyuci baju, priring kotor, memasak, belanja, mengurus tagihan, memandikan anak, melelahkan sekali ya, bunda? Pekerjaan dan tanggungjawab bunda seperti tak ada habisnya. Bukan Cuma menguras tenaga, tetapi mental dan pikiran juga. Syukur-syukur kalau para suami mau ikut terlibat mengurus rumah tangga, kalau enggak?! Ckckckckc… kalau bunda baru memiliki satu putra atau putrid mungkin belum berasa kerepotannya, tapi kalau si kakak udah punya dedek…dan dedek lagi,,, wuihhh makan aja mungkin kayak gak sempat bunda.

Terkadang, di tengah kesibukan bunda, si kakak berulah,,atau dedek menangis,,gak bisa diajak kompromi… rasanya tensi udah naik ke ubun-ubun. STOP. Tahan diri. Jangan membentak atau melampiaskan kelelahan pada buah hati. Mereka hanya anak-anak. Belum memahami tanggungjawab ataupun kerepotan orang dewasa. Terkadang juga kesal sekali kalau anak susah dikasih tau dan bertingkah. Pingin nyubit rasanya, bunda pernah merasa demikian? Sekali lagi, STOP, cubit diri sendiri aja, supaya bunda ingat mereka hanya anak-anak…

Ingat bunda, kekerasan dalam bentuk apapun, teriakan, pukulan atau ancaman verbal dan visual, tidak akan membantu membentuk buah hati kita menjadi pribadi-pribadi yang baik. Yang ada hanyalah menimbulkan ketakutan-ketakutan tanpa nalar.

Ada baiknya bunda meluangkan waktu untuk memperhatikan perkembangan buah hati, terutama buah hati yang sudah masuk dalam lingkungan pergaulan baru, missal playgroup, PAUD, ataupun sekolah. Biasakan rutinitas mengobrol dengan buah hati, untuk menggali hal-hal apa saja yang terjadi dan dipelajari buah hati ketika di luar rumah. Bunda harus waspada, di PAUD pun sudah ada bullying.

Mereka hanya anak-anak… Dunia mereka adalah ayah dan bunda.



They need to feel safe, to be loved… Sometime, they will fell down, but they’ll stand up again… they need to learn, to be trusted… they’ll need your shoulder to cry on, they’ll need to be encouraged… they’ll need you to be there for them…

My Mom, My Inspiration

Kalau ada yang bertanya mamaku sosok seperti apa, akan aku jawab dia seorang wanita yang kuat dan pekerja keras. Sejak pertama kali aku mulai bisa mengingat, mamaku selalu bekerja. Ketika kami, anak-anaknya, mulai sekolah, dia juga bekerja, berangkat pagi, pulang siang. Mama tidak seperti ibu teman-temanku umumnya, yang mengerumuni tukang sayur di pagi hari, memasak buat anak-anak dan suaminya, menyambut anak-anaknya pulang sekolah. Mama tidak bisa memasak.meskipun demikian, Sesekali ketika libur, dia memasak untuk kami, tetapi masakannya tidak enak. 

Ketika aku dan saudara-saudaraku telah menyelesaikan studi di perguruan tinggi, dan sudah bekerja, mama tetap bekerja. Saat ini mama sedang menanti cucu ke-4nya, dan dia masih menjalani rutinitasnya, berangkat pagi, mengajar anak-anak kelas 3 di sebuah sekolah dasar negeri, tempatnya mengebdikan diri selama lebih dari 25tahun terakhir ini.

Ada hal yang berbeda dari mama akhir-akhir ini. Sekarang,hampir setiap pagi dia berbelanja di tukang sayur. Setiap sore, dia memasak makan malam. Bahkan di setiap hari libur, ketika aku dan saudara-saudraku berkumpul, mama akan memasak dengan sukacita. Hal yang membuat aku terenyuh, karena dulu sekali, aku juga pernah berharap bisa menikmati masakan mama setiap hari, seperti teman-temanku menikmati masakan ibunya.

Masakan mama masih kurang sedap, tapi buatku itu adalah masakan paling special, paling enak dan akan selalu aku rindukan.



Mama adalah istri yang sangat mengabdi pada suaminya, ibu yang sangat mencintai anak-anaknya, dan nenek yang lembut pada cucu-cucunya, serta manusia yang mencintai pekerjaannya. Mama adalah wanita yang kuat, tabah, hebat dan menginspirasi. Mama, you’re my truely inspiration.
  
Oleh Luh Chitra Sasanti

Nasi Goreng Si Abang

Siapa sih yang gak suka nasi goreng? Meski originally bukan dari Indonesia, tapi nasi goreng pada akhirnya menjadi makanan khas dan paling dicari di Indonesia. Kalau ada sisa nasi kemarin, seringkali kita manfaatkan untuk membuat nasi goreng. Tapi, meskipun bumbu-bumbu yang kita gunakan hampir sama dengan yang dipakai abang-abang penjual nasi goreng, kenapa ya bun, kok rasanya beda banget? Apa karena si abang penjual nasi goreng menambahkan terlalu banyak vetsin atau bumbu masak ke dalam nasi goreng buatannya?

Ups! Sabar bun, sebentar lagi bunda akan segera tahu rahasianya kok...

Nasi goreng pertama kali diperkenalkan ke penduduk Indonesia oleh para pedagang dari china (ingat bun, Indonesia berada di jalur sutra, tak heran jika sering disinggahi pedagang-pedagang dari mancanegara, dan terjadi akulturasi budaya, termasuk kuliner). Menilik dari asal muasalnya, orang cina mengenal teknik memasak dengan api besar. Cara memasak dengan api besar bukan hanya memunculkan cita rasa yang lezat pada makanan, tetapi juga untuk menjaga tekstur dan kandungan gizi dalam bahan makanan yang dimasak supaya tidak rusak. Karena dengan menggunakan api besar, bahan makanan cukup dimasak sebentar saja.

Teknik inilah yang diadaptasi oleh abang-abang pedagang nasi goreng. Kalau bunda perhatikan, setiap kali hendak membuat nasi goreng, abang penjual nasi goreng akan membuka kran gas supaya api membesar.

Sayangnya, para pedagang nasi goreng ini sering memanaskan minyaknya sampai berasap. Itu yang harus diwaspadai bun,karena memanaskan minyak hingga berasap akan merusak strusktur kimia pada minyak goreng dan bisa mengubahnya menjadi zat karsinogenik, alias bisa menyebabkan kanker.

Jadi, gimana cara menikmati nasi goreng yang lezat, tapi sehat?

Mudah saja bun, siapin bahan-bahan di bawah ini ya!!

Untuk 1 porsi nasi goreng

1 piring nasi pera, ±2 centong nasi (nasi sisa kemarin/ nasi yang kempyar)

3 siung bawang putih, geprek lalu cincang halus

1 batang bawang prey, potong-potong

1 butir telur, kocok lepas

1sdt Minyak wijen

1 sdt kecap ikan/ kecap asin

Garam secukupnya(±2 jumput)

3 sdm minyak goreng

Cara membuat:

1. Panaskan wajan dengan api besar.setelah wahan benar-benar panas, masukkan 1sdm minyak goreng. Ratakan ke permukaan wajan, lalu masukkan telur kocok, aduk aduk hingga telur matang. Angkat dan sisihkan.



2. Panaskan 1 sdm minyak, masukkan bawang putih. Tumis hingga harum (jangan sampai gosong), tambahkan bawang prei, kecap asin, kecap manis dan minyak wijen sambil terus diaduk rata. Masukkan nasi dan telur. Tambahkan garam. Aduk rata. Angkat.

Mengurus JamPersal

Kehamilan adalah berita yang sangat membahagiakan ketika sudah ditunggu-tunggu. Salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap tingginya angka kematian ibu dan bayi saat persalinan adalah Program Jaminan Persalinan. Keringanan semua biaya persalinan, operasi, rawat inap hingga nol rupiah alias gratis.
Juga karena masih banyak penduduk yang ada di bawah garis kemiskinan.
Mungkin saat ini pemasukan dalam keuangan keluarga cukup besar, tapi tidak cukup besar untuk membiayai semua pengeluaranya. Atau keluarga sedang terbelit hutang. Jangan sampai kesehatatn kehamilan terganggu karena bingung dengan persiapan persalinan.
Jampersal bisa mulai disiapkan registrasinya ketika pertama kali cek kehamilan. Bisa melalui semua rumah sakit pemerintah dan swasta yang ditunjuk. Bisa melalui puskesmas terdekat, bahkan melalui bidan. Semua syarat bisa ditanyakan dan mulai diurus langsung melalui mereka.
-Surat tidak mampu dari keluarahan, mulai dari RT minta surat pengantar lalu ke Kelurahan setempat.
-Foto kopi KTP dan mengisi berkas-berkas yang disediakan oleh puskesmas, rumah sakit atau bidan.

Karena sudah diurus dari awal, calon ibu bisa lebih tenang dan bisa fokus pada kesehatan kehamilannya hingga saat persalinan tiba.

Buah Hati "Cengeng"

Menangis bagi anak adalah bentuk ungkapan tak tertolong, tak ada lagi yang bisa dilakukan, merasa sendirian. Pemicunya bisa karena kesakitan, pikiran ditinggalkan. Pada bayi menangis adalah satu-satunya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan semua kebutuhannya. 
Lalu bagaimana dengan balita dengan kondisi fisik sehat yang terlalu sering menangis? Logika dasarnya adalah jika saya menangis maka kesulitan saya akan terselesaikan...
Orang tua sangat menyayangi anak-anak mereka. Apapun yang menjadi kebutuhan mereka sebisa mungkin akan dipenuhi. Anak terlalu sering menangis juga merupakan ukuran tingkat kemandirian mereka. Semakin mandiri mereka akan semakin menggunakan cara lain yang lebih logis untuk menyelesaikan masalah atau membuat kebutuhan mereka terpenuhi.
Jika anak menangis karena menginginkan sesuatu, bertahanlah untuk melakukan kompromi-kompromi dan mengajak dia berkomunikasi. daripada memikirkan bagaimana cara agar dia segera menghentikan tangisannya. Cari tahu apa yang mereka pikirkan. Jangan tanya kenapa mereka menagis, diperparah dengan bentakan baik sengan suara pelan atau keras. Sebisa mungkin hindari intonasi intimidasi dan menekan. Anak akan semakin menjauh daripada  mengungkapkan dunia mereka. 
Dunia anak adalah orang tua, pada dasarnya mereka tidak berdaya. Anak-anak tidak akan bisa menolak jika  anda meminta mereka berdiri sebagai hukuman selama 1 menit tanpa anda mau mereka ajak bicara. Berikan penjelasan kenapa mereka dihukum. Sampaikan bahwa menangis bukanlah satu-satunya jalan untuk memenuhi keinginan mereka. Ajaklah bicara, biasakan semua hal tentang mereka dibicarakan bersama. 
Jangan sekali-kali memberikan hukuman fisik sekalipun itu hanya cubitan lemah. Kenalkan pada anak-anak anda bahwa rasa sakit itu bukan untuk diterima atau diberikan karena berbuat salah. Hukuman bisa diberikan sambil belajar. Misalnya hukum mereka berdiri selama 10 hitungan, biarkan dia menghitung sendiri dengan benar sampai hukumannya selesai. Mogoklah bicara selama hukuman. Agar ternanam bahwa bicara baik-baik itu lebih baik daripada menangis. Bersambung... 

Buah Hati Susah Makan

Pernahkah anda mengalami "tidak selera makan"?Mungkin anda sedang sariawan, tidak enak badan atau sakit. Jika kondisi tubuh anda sehat saat itu sedang segar bugar, perut lapar tapi "tidak selera makan", tebak apa yang sedang anda pikirkan saat itu!
Ya, manusia memiliki sistem syaraf dan indra yang rumit. Selera makan adalah informasi rumit yang relatif dan beraneka ragam yang membuatnya tidak hanya sekedar menjadi rasa lapar. Berbagai kondisi psikologis yang dapat mempengruhinya. Dan siapapun dapat mengalaminya termasuk buah hati kita yang masih bayi sekalipun.
Ketika usia anak sudah cukup untuk memulai berbagai macam menu dan jenis makanan yang kita sediakan, ada banyak kemungkinan anak mulai pilih-pilih dengan menu makannya. Jika belum terlambat,sebenarnya orang tua bisa melatih anak-anaknya untuk bisa menerima banyak menu sehat yang kita sediakan untuk mereka tanpa terlalu banyak pilih-pilih.
Pada awal perkembangan indra pengecap/perasanya, anak belum mengenal banyak rasa. Tapi lidah mereka sangat peka dengan rasa. Bagi kita yang orang dewasa sudah asin. tapi bagi mereka malah terlalu asin. Bagi kita tidak pahit tapi bagi mereka pahitnya setengah mati sampai tak tahu harus bagaimana selain menangis sejadi-jadinya.
Cara paling efektif untuk mendampingi anak yang susah makan adalah memasak sendiri menu-menu sehat untuk mereka. Orang tua bisa memilih bahan, rasa kandungan gizi sampai penyajian-penyajian yang menarik dan menyenangkan.
Hal-hal lain yang perlu orang tua perhatikan adalah anak sedang dalam masa meniru ketika oran tua mangatakan ini pahit, ini asin, ini manis, ini enak, ini tidak enak dan sebagainya. Berhati-hatilah dengan pernyataan- pernyataan tersebut di depan anak-anak anda. Karena awal susah makan adalah persepsi dan masalah  psikologis.

Agar Aki Motor Tidak Cepat "Tekor"

Sekian juta pengguna sepeda motor di Indonesia. Anda mungkin salah satunya. Aki/acuu adalah baterai pada sistim kelistrikan sepeda motor. Seperti pada HP,laptop, dan gadget lainnya yang anda miliki. Baterai harus diisi ulang ketika habis. Pada sepeda motor, pengisian ulang aki otomatis ketika mesin motor bekerja/berputar. Mesin memiliki sistem penghasil/generator listrik sendiri saat berputar. Pada sepeda motor bebek, umumnya lampu depan/ head lamp terhubung langsung dengan generator ini. jadi ketika mesin berhenti berputar lampu akan ikut padam. Aki digunakan untuk menyalakan lampu sein, klakson, starter mesin, indikator bahan bakar, lampu panel dan lampu rem. Kapan aki tekor? ketika starter mesin tidak kuat /tersendat-sendat menyalakan mesin, ketika frekwensi kedipan lampu sein terlalu lambat dari biasanya, ketika klakson tidak senyaring biasanya. Itu adalah tanda-tanda awal dari aki tekor. Segera bawa ke bengkel untuk pengisian ulang aki sebelum benar-benar tekor. 
Hampir seluruh sepeda motor keluaran sekarang menggunakan jenis aki kering. Aki bekerja memanfaatkan fenomena reaksi kimia dari logam tertentu yang direndam dalam cairan asam maka cairan ini dapat menyimpan arus listrik. Efek samping dari reaksi ini adalah menghasilkan gas sehingga aki memerlukan sistem ventilasi udara terbuka pada tiap ruang reaksi kimianya. Sistem ventilasi ini digunaka pada aki basah atau konvensianal. Pada aki kering sistem ini ditiadakan karena cairan asam yang digunakan sudah dimodifikasi agar gas yang dihasilkan berkurang. Jadi aki kering tetap memanfaatkan cairan kimia di dalamnya, hanya saja semua tertutup rapat dan anti bocor.
Akan tetapi aki kering yang "bersih " ini memiliki kekurangan. Seperti aki pada umumnya, jika motor lama tidak dinyalakan, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Aki akan habis karena pada pemakaian sepeda motor sehari-hari, aki otomatis diisi ulang ketika mesin menyala dan seterusnya. Jika listrik dalam cairan habis, atau bahkan cairan kering menguap, aki tidak berfungsi/ tekor. 
Merawat aki agar tidak cepat tekor:
- Jika sepeda motor tidak digunakan dalam waktu yg lama lepas semua kabel yang terhubung dengan aki, lalu bungkus aki dengan plastik dan simpan di tempat yang kering.
- Secara berkala periksa kutub aki, jaga dan bersihkan dari kerak dan karat.
- Isi ulang secara berkala cairan aki bila aki anda adalah aki basah.
- Jangan memodifikasi, mengganti atau menambah lampu dan fitur kelistrikan lainnya yang terlalu berlabihan atau tidak sesuai dengan standar pabrik.

Listrik Rumah Sering "jeglek"(Sekering Otomatis Putus)

Berapakah besar daya listrik rumah anda? 900 Watt, 1300 watt atau lebih? atau masih ada yang 450 watt? Daya llistrik rumah bukanlah besar listrik. Angka-angka tersebut adalah merujuk pada kekuatan sekering yang terdapat pada meteran listrik. Sekering adalah alat yang bekerja untuk membatasi beban listrik yang digunakan pada sebuah rumah. Sekering bekerja memanfaatkan panas yang ditimbulkan listrik saat beban meningkat. Semakin tinggi beban listrik yang kita gunakan( banyak alat listrik yang menyala) maka semakin tinggi panas yang dihasilkan. Nah, makin tinggi angka "daya" listrik rumah maka semakin kuat daya tahan sekering terhadap panas.
Panas membuat logam pada sekering memuai. Perubahan bentuk logam inilah yang secara teknis dimanfaatkan sebagai pemutus listrik yang mengaliri rumah pada tingkat panas tertentu. Singkatnya sekering membatasi pemakaian alat-alat listrik di rumah. Namun seringkali pada kondisi tertentu kekuatan sekering tidak seuai dengan angka yang kita terima. Tiba-tiba putus, padahal kalau dihitung-hitung pemakaian alat listrik rumah saat bersamaan masih dibawah angka daya listrik rumah.
Jika anda sedang memesan layanan sambung baru dan instalasi jaringan listrik rumah yang baru, beberapa hal ini bisa anda catat agar kasus di atas tidak terjadi.
-Minta petugas atau tukang instalasi listriknya untuk menanam "arde" di bagian rumah yang cenderung lembab. Kasus yang paling parah mereka tidak menanam arde sama sekali. Arde adalah logam kuningan berbebtuk seperti jarum dengan diameter kurang lebih 3-5cm dan panjang sekitar 1 meter. Kalo mereka sudah menanamnya, pastikan tersambung dengan jaringan kabel arde di seluruh rumah.
-Jaringan kabel arde harus dipastikan tersambung di seluruh rumah. mudahnya pastikan ada 3 kabel berjajar yang menuju "colokan", lampu dan sakelar.
Jika anda menempati rumah yang jaringan listriknya sudah terpasang dan mendapati kasus seperti di atas. Mintalah jasa tukang untuk cek dan memastikan kuningan ardenya sudah tertanam dan tersambung dengan seluruh kabel arde di seluruh rumah. Jika belum ada jaringan kabel arde yang terpasang(hanya ada 2 jalur kabel yang terpasang ke seluruh jaringan listrik rumah, anda harus mengeluarkan dana untuk pengadaan satu jalur kabel arde yang belum ada yang panjangnya mencakup seluruh jaringan listrik rumah. Tapi ada tips hemat untuk mensiasatinya.
Pertama, buatlah daftar alat-alat dengan konsumsi listrik besar. Misal AC ruangan, lemari es, rice cooker dll. Tandai alat-alat tersebut menggunakan titik "colokan" yang mana saja. Nah, pasang satu jalur kabel arde yang kurang hanya di titik-titik tersebut saja.
Ketika sebuah alat listrik anda nyalakan apalagi dayanya atau konsumsi listriknya besar, terjadi loncatan beban yang membuat jaringan listrik di rumah anda tidak stabil. Sekering pembatas daya di depan akan sering mudah putus meresponnya sebagai overload daya. Hal ini mampu diredam dengan mendampingi dua jalur kabel liastrik aktif dengan sebuah kabel yang terhubung dengan kuningan arde yang tertanam di tanah.
Semoga bermanfaat.

Semudah Itukah Berhenti Merokok

"Merokok dapat merusak kesehatan, merokok membunuhmu, merokok itu haram, dan lain sebagainya". Di luar dari semua penyataan itu, merokok adalah hal yang tidak mudah untuk ditinggalkan bagi pecandunya.
Bila kebetulan anda adalah seorang perokok, coba lihat diri anda sendiri. Saya rasa anda cukup cerdas untuk memahami wacana bahaya rokok terhadap kesehatan. Tapi semudah itukah berhenti merokok?
Banyak dari anda pasti sudah ada yang mencanangkan untuk memulai program berhenti merokok. Sekali, beberapa kali atau bahkan berkali-kali. Ada yang berhasil?

Zat paling adiktif (membuat kecanduan) dalam asap rokok adalah nikotin. Setiap menghisap satu batang rokok, 1-2 miligram nikotin terserap dalam darah. Dalam kondisi sehat, hanya dalam waktu kurang lebih 8 detik nikotin mampu mencapai jaringan otak. Masih ingat kan, ketika kenyang sehabis makan makanan kesukaan, atau dulu ketika cinta anda disambut pertama kali oleh pasangan. Ada sensasi kenyamanan dan kegembiraan yang diterjemahkan menjadi banyak hal oleh otak. Hal ini terjadi setelah tubuh mengeluarkan zat yang bernama "dopamin" untuk otak. Nikotin merangsang zat ini dikeluarkan ketika sampai di jaringan syaraf otak melalui peredaran darah.
Nikotin juga merangsang percepatan frekwensi pernafasan dan detak jantung. Bahkan juga membantu meningkatkan kadar gula dalam darah. Sensasi bersemangat dan membunuh kantuk mirip dengan yang ditimbulkan oleh cafein pada kopi.

Pengalaman "menyenangkan" inilah yang bagi otak dan tubuh diterima dan dilaporkan sebagai seuatu yang lagi, lagi dan lagi atau dengan kata lain adiktif (adict- bhs.inggris)

Bagi sebagian orang dengan cara menakut-nakuti diri tentang bahaya merokok adalah cara yang sangat efektif dan berhasil untuk berhenti merokok. Bagaimana dengan anda? Apakah anda termasuk orang yang  "tidak takut" dengan apapun itu tentang rokok, tapi tetap menginginkan sehat.
Ini bukan iklan maaf, "rokok-rokokan, rokok mainan dan lain sebagainya yang digunakan untuk menggantikan "rokok betulan" yang biasa anda hisap. Tapi mari kita lakukan pendekatan yang berbeda tentang bagaimana berhenti merokok.
BERSAMBUNG - Semudah Itukah Berhenti Merokok 2

Resep Donat Anti Gagal by Mama Ummi

terigu protein tinggi 1000gr
ragi 10gr
telur 4 butir
bread improver 25gr
emulsifier 2sdm
margarin 200gr
garam 25gr
baking powder 15gr
air dingin 500gr

Campur rata terigu,ragi,bread imrpover dan baking powder.
masukan air, telur dan emulsifier. uleni sampai kalis.
masukan margarin dan garam. uleni sampai elastis.

Taburi tangan dengan tepung terigu sebelum membulatkan adonan menjadi bulatan besar. Selimuti adonan dengan taburan tipis tepung terigu. Tutup dengan plastik. Diamkan sampai mengembang 2 kali lipat ukuran semula.

Kempiskan adonan. Bagi adonan @ 40gr. Bulatkan tiap bagiannya. Tutup plastik, diamkan selama 15 menit.

Pipihkan masing-masing bulatan, lubangi tengahnya, tutup plastik.

diamkan selama 30-45 menit.

Siap digoreng. Pakai minyak padat khusus untuk menggoreng donat. balik donat 1 kali saja. masing-masing sisi kurang lebih 1 menit sudah cokelat bagus berarti apinya sudah pas.

selamat mencoba! jika ada pertanyaan langsung di kolom komentar ya! by mama ummi

Aktifitas Musikal Untuk Buah Hati

Halo ayah bunda! Sangat membanggakan rasanya saat buah hati mengucapkan kata pertamanya, saat satu dua langkah pertamanya ketika baru bisa berjalan, saat mampu merespon dan menjawab pertanyaan sederhana yang kita berikan.
Selain asupan gizi yang cukup, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan sebagai stimulan agar buah hati tumbuh optimal. Salah satunya adalah aktifitas musikal.
Dalam musik kita selalu menemukan ketukan dan nada. Sering kita menepuk tangan kita untuk menarik perhatian sambil mengajak buah hati bicara atau bernyanyi. Menimang sambil menyanyikan/membunyikan suara-suara tertentu dengan mulut kita. Memutar musik box dan lain sebagainya. Banyak produsen mainan yang mengkreasikan aneka bentuk dan warna dengan inti permainan yang menghasilkan bunyi-bunyian. Juga ada orang tua yang secara spesifik memutar/memperdengarkan musik-musik tertentu bahkan sejak masih dalam kandungan.
Apa yang sebenarnya terjadi? Bagaimana aktifitas musikal bisa berpengaruh pada pertumbuhan buah hati kita?
Banyak penelitian yang mempelajari bagaimana otak manusia berkembang. Dalam pertumbuhannya buah hati kita menggunakan indra/sensor untuk menangkap semua informasi di sekeliling mereka. Semua hal yang terjadi di sekeliling mereka akan diteruskan ke jaringan otak yang belum sempurna/sedang berkembang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa informasi/pengalaman tertentu dapat merangsang/menstimulan bagian-bagian otak tertentu agar tumbuh optimal. Dalam tahap ini, para orang tua memiliki peranan penting dalam mengatur pengalaman/informasi apa saja yang akan menjadi keseharian buah hati kita.
Aktifitas musikal melibatkan indra pendengar. Diyakini dapat menigkatkan kecerdasan emosional, bicara, keseimbangan, penglihatan, pendengaran, keterampilan, empati dan kepedulian dengan hal-hal di sekitar.

Apakah dogie anda merespon ketika namanya dipanggil?

  "Gembuul...!", tidak terlalu keras tapi lumayan panjang dan terdengar sampai halaman belakang. Beberapa detik kemudian terlihat kehebohan yang luar biasa dari seekor makhluk pendek dan gendut, dengan muka serius dan penasaran berlari sekencang-kencangnya menuju halaman depan. Ekornya yang tidak seberapa panjang lebih sibuk dari apapun di halaman depan.
  "Ya!, anda benar! gembul adalah seekor dogie dan saya adalah majikannya. Atau mungkin lebih tepatnya teman saya. Setidaknya yang saya lihat dia lebih menganggap saya sebagai teman dia daripada yang lain.
  Dulu saya bertanya-tanya, "apa gembul bisa mengingat dan mengenali ketika seseorang mengucapkan namanya?".
  Sudah ratusan kali saya coba memanggil dia dengan nama lain, dengan intonasi atau nada yang berbeda. Dan saya sempat terkejut karena hanya dengan kata "gembul" dia mau merespon dengan mengarahkan pandangannya ke saya.
  Apakah anda punya teman seperti dia juga? Apakah dogie anda merespon ketika namanya dipanggil? Atau sebaliknya? Merespon nama adalah salah satu hal utama yang sangat mendasar dalam melatih hewan peliharaan secerdas dogie. Yuk! belajar melatih mereka! Hitung-hitung sambil menyegarkan pikiran kita yang penat dengan rutinitas pekerjaan.